Trick deteksi Virus Malware secara Online
23.31 | Author: tekom_pusrehab
d virus14.jpg (800×602)
VirusTotal.com adalah situs yang menyediakan layanan untuk menganalisis data-data yang dicurigai mengandung virus ataupun hal-hal lain yang serupa, dan dapat mendeteksi adanya virus dengan cepat secara online. Spesifikasi layanan yang diberikan Virus Total antara lain:

* layanan gratis dan independen
* menggunakan berbagai program antivirus
* update otomatis
* menampilkan detil terperinci dari setiap program antivirus
* statistic global secara real time

Virus Total telah menerima penghargaan dari PC World Magazine edisi Amerika sebagai salah satu dari 100 produk terbaik pada tahun 2007 dalam kategori Security Website. Situs ini adalah layanan yang dikembangkan oleh Hispasec Sistemas, yaitu laboratorium keamanan IT independen yang menggunakan beberapa versi program antivirus yang secara berkala diperbarui. Beberapa pihak yang turut berpartisipasi dalam Virus Total dengan antivirus mereka antara lain adalah:

* AhnLab (V3)
* AntiyLabs (Antiy-AVL)
* Aladdin (eSafe)
* ALWIL (Avasti Antivirus)
* Authentium (Command Antivrus)
* AVG Technologies (AVG)
* Avira (AntiVir)
* Cat Computer Services (Quick Heal)
* ClamAV (ClamAV)
* Comodo (Comodo)
* CA Inc(Vet)
* Doctor Web Ltd (DrWeb)
* Emsi Software (ESET NOD32)
* Fortinet (Fortinet)
* FRISK Software (F-Prot)
* F-Secure (F-Secure)
* McAfee (VirusScan)
* Microsoft (Malware Protection)

Tools yang mendukung Virus Total antara lain PEiD, pefile, TriD (Marco Pontello) dan PDFID (Didier Stevens). Virus Total juga menyediakan layanan dalam setidaknya 23 bahasa selain bahasa Inggris antara lain Polandia, Ceko, Jerman, Mandarin, Italia, Portugis, Belanda, Turki, Arab, Korea, dan lain-lain.

Perlu diperhatikan bahwa Virus Total bukanlah pengganti bagi software antivirus karena hanya melakukan scan terhadap file atas permintaan dan bukan pelindung permanen bagi user. Meski pendeteksian didukung oleh beberapa antivirus, namun TIDAK menjamin bahwa suatu file benar-benar bersih ataupun aman dari virus. Karena, hingga saat ini tidak ada solusi yang dapat menawarkan efektivitas 100% untuk mendeteksi virus.





semoga bermanfaat...
|
This entry was posted on 23.31 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments:

Promo